Makan adalah satu kebutuhan buat manusia, namun kalau melihat kondisi kehidupan saat ini banyak makanan yang jauh dikatakan Bersih, Halal dan Thoyyib, yang dipikiran mereka hanya mencari keuntungan semata tanpa mengindahkan BHT, nach bagaimana makanan bersih tuch apa harus dicuci pake detergent, apa harus di gosok pake sikat…ga begitu juga…bersih dari kotoran dll. Halal, halal adalah makanan/minuman yang kita makan harus jauh dari unsur haram yang bagaimana, yang tidak diambil dari hasil curian, atau bukan haknya. Thoyyib adalah yang mengandung dua unsur tersebut.s

Islam sangat memperhatikan berbagai pilihan makanan yang tepat dan bergizi yang bisa memenuhi kebutuhan makan manusia sepanjang fase-fase kehidupan yang dilaluinya, dari ketika masih janin sampai lanjut usia. Beberapa factor terpenting yang mempengaruhi kebutuhan makanan tersebut adalah usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, pekerjaan yang digeluti dan iklim dimana seseorang tinggal.

Kami adalah orang-orang yang tidak makan kecuali setelah lapar,dan bila makan, kami tidak sampai kenyang.” (Muhammad Saw)

Di dalam al-Quran dan Sunnah Nabi banyak sekali nash-nash yang dijadikan oleh umat manusia untuk mengatur kehidupan dunia dan pola hidup mereka, yang menjamin perawatan kesehatan dan kemuliaan mereka serta menempatkan posisi mereka yang sesuai dengan fitrah yang telah diciptakan Allah SWT.

اِن لِجَسَـدكَ عَلَيـكَ حَـقا

Sesungguhnya tubuhmu mempunyai hak yang harus kamu penuhi.” (Muttafaqun alaihi)

Di antara hak itu adalah memberinya makan jika lapar, mengistirahatkan jika letih, membersihkan jika kotor serta melindunginya dari segala yang akan menyakitinya, menghindarkannya dari penyakit, mengobatinya jika sakit, serta tidak membebaninya  dengan sesuatu yang tidak dia emban. Inilah hak wajib, yang dalam pandangan Islam, tidak boleh dilupakan apalagi diabaikan.

Mengenai makanan dan pola makan, Islam tidak hanya menyinggung tentang makanan dan kandungannya saja, juga kesempurnaan dan kesehatan makanan, serta cara mengonsumsinya. Sebab, pola makan yang buruk dan berlebih-lebihan dalam mengonsumsi makanan dari yang seharusnya, serta tidak memperhatikan keseimbangan kandungan makanan dan mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit.

Selain itu, pola makan serta kualitas dan kebersihan makanan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pencernaan yang baik, juga kemampuan tubuh untuk menyerap zat-zat makanan dengan segala macam ragamnya.

Kapan Kita Makan?

Dr. Ibrahim Fuhaim menyebutkan dalam bukunya, “Alif Nafsaka bi al-Ghada, bahwa makan adalah tugas alami. Kita harus melakukannya. Dan yang menjadi kewajiban kita adalah menikmatinya. Kenyataannya sering kali kenikmatan makan bertambah, maka proses pencernaannya  juga terjadi lebih cepat  dan mudah.  Tetapi, jika kenikmatan itu tidak dirasa dan justru berganti dengan kesengsaraan dan penderitaan, maka hal itu menunjukkan bahwa kita telah melakukan kesalahan dalam proses pola makan kita.

Tanda-tanda penolakan oleh pencernaan yang sehat terhadap makanan yang kita konsumsi  seperti gas, kembung, dan lain sebagainya, adalah cahaya merah yang memberi  peringatan kepada kita akan adanya suatu bahaya, jika kita tidak menjauhi warna-warna yang tidak sesuai dengan pencernaan kita.   Semua warna  makanan yang tidak dikehendaki percernaan harus dihindari. Warna makanan cukup banyak jumlahnya. Demikian juga dengan bentuknya, yang satu atau dua di antaranya mungkin bisa dihindari, meskipun berbagai macam warna tidak membahayakan orang lain, karena lambung setiap orang berbeda-beda.

Oleh karenanya . Anda harus benar-benar mengenali karakter lambung Anda dan warna apa yang menjadi kesukaannya. Artinya tidak semua yang kamu sukai juga disukai oleh 312 pencernaan anda.

Terkadang pencernaan cenderung diam apabila Anda memaksanya  melakukan apa yang tidak mau dia lakukan, meskipun pada akhirnya dia tetap melakukannya, sehingga menimbulkan bahaya terhadap anggota tubuh lainnya.

Bersambung…..

Pustaka

Pola Makan Rasulullah, Prof. Dr. abdul Basith Muhammad as-Sayyid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here